Cara Menjinakan Cucak Ijo


Hanup - Memelihara burung merupakan salah satu hobi yang banyak digemari oleh para pecinta burung. Salah satu burung yang sering dipelihara adalah cucak ijo muda hutan. Burung yang satu ini banyak dipelihara karena kicauannya yang bervariasi.

Namun meskipun demikian tidak sedikit pemelihara burung cucak ijo muda hutan sendiri tidak bisa menjinakkannya, terutama bagi para pemula. Bagi pemula yang ingin memelihara burung yang satu ini, berikut adalah cara menjinakan cucak ijo muda hutan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Cara Menjinakan Cucak Ijo Muda Hutan

1. Berikan Pakan Biji-Bijian


Cara menjinakan cucak ijo muda hutan yang pertama adalah memberikan pakan berupa biji-bijian. Pemberian pakan berupa biji-bijian sendiri dipercaya ampuh membuat burung cucak ijo muda hutan lebih jinak.

Pemberian pakan biji-bijian yang paling tepat diberikan pada saat menjelang malam. Usahakan menghindari pemberian pakan biji-bijian pada pagi hari. Karena hal tersebut bisa membuat burung cucak ijo muda hutan cepat lapar dan gelisah.


2. Hindari Memandikan Cucak Ijo Terlalu Sering


Berbeda dengan burung yang lainnya, burung cucak ijo muda hutan jangan terlalu sering dimandikan. Karena burung cucak ijo muda hutan yang sering dimandikan akan bersifat lebih agresif sehingga akan susah untuk dijinakkan.

Bagi yang memelihara burung cucak ijo muda hutan, usahakan memandikannya secara rutin selama 3 hari sekali atau paling lama satu minggu sekali. Dengan begitu, maka burung cucak ijo muda hutan sendiri mudah untuk dijinakkan.


3. Embunkan Cucak Ijo Di Pagi Hari


Cara menjinakkan selanjutnya adalah dengan mengembunkan cucak ijo di pagi hari dengan rutin. Mengembunkan cucak ijo muda hutan di pagi hari secara rutin sendiri dipercaya mampu menjinakkan burung lebih cepat.

Setelah mengembunkan burung, usahakan tidak terburu-buru untuk memasukkannya ke dalam kandang. Jemur terlebih dahulu burung cucak ijo muda hutan setelah diembunkan.

Dalam penjemuran sendiri usahakan tidak lebih dari jam 12 siang. Karena hal tersebut bisa membuat burung cucak ijo muda mengalami heat stroke.

Selain itu, dalam proses pengembunan dan penjemuran alangkah baiknya jika burung cucak ijo muda diberikan kroto segar dalam vorsi yang tidak terlalu banyak. Hal tersebut agar proses penjinakan burung cucak ijo muda hutan bisa berlangsung lebih cepat lagi.

4. Menyemprotkan Air Pada Tubuh Cucak Ijo


Selain ke tiga cara di atas, cara selanjutnya agar burung cucak ijo muda hutan lebih cepat jinak adalah dengan menyemprotkan air pada tubuh cucak ijo. Selain mampu membuat burung cucak ijo muda hutan menjadi jinak, kegiatan tersebut mampu menghilangkan stress pada burung.

Penyemprotan sendiri tidak harus dilakukan setiap hari, yakni cukup lakukan seminggu sekali saja. Selain menyemprotkan air, jemur burung agar bulu-bulu menjadi kering. Selama penjemuran, pemilik burung sendiri bisa membawanya bermain agar burung lebih jinak lagi.

5. Buat Si Burung Melihat Pemiliknya Tidur


Cara menjinakan cucak ijo muda hutan selanjutnya adalah buat si burung melihat pemiliknya tidur. Cara tersebut dipercaya sangat ampuh sekali membuat burung cucak ijo muda hutan menjadi jinak dengan cepat.

Karena hal tersebut mampu membuat psikologis burung cucak ijo muda hutan lebih percaya kepada pemiliknya dan tidak akan pernah menyakitinya.

Maka dari itu, cara yang satu ini sering digunakan untuk melatih burung cucak ijo muda hutan menjadi jinak. Adapun caranya sendiri sangat mudah sekali, para pemilik burung bisa tidur di dekat kandang burung cucak ijo muda hutan dan biarkan ia melihat pemiliknya saat tidur.

Popular Posts