17 Galangan Kapal dari Sabang hingga Sorong Siap Layani Pertamina

Ketua Kelompok Industri Manufaktur yang juga Managing Director PT Barata Indonesia (Persero), Fajar Harry Sampurno, mengatakan ada 17 galangan kapal atau galangan kapal yang siap melayani Pertamina.

Ini terkait dengan sinergi Pertamina dengan perusahaan galangan kapal BUMN yang tergabung dalam KIM (Cluster Industri Manufaktur). Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang mungkin dengan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) hari ini Selasa (14/07) / 2020). Harga Pertamax turbo

"Sekarang dengan 17 galangan kapal, kami berharap itu juga akan di Sorong. Jadi 17 galangan kapal dari Sabang ke Sorong dapat melayani Pertamina dan tentu saja perusahaan milik negara lainnya," kata Fajar Harry.

Melalui kolaborasi ini, Harry melanjutkan, dia harus mampu merespons industri dalam negeri. Karena itu ia juga menyebut penunjukan Krakatau Steel (KS) sebagai pemasok tunggal baja untuk akuisisi kapal ini.

"Jadi kita berani masuk dengan Pertamina setelah kita semua menandatangani dengan KS," kata Harry.

Selain itu, Harry juga menyebutkan bahwa KS sekarang dapat memproduksi baja hingga 6 meter dari sebelumnya 2 meter. Ini membuat proses koneksi (pengelasan) di galangan kapal menjadi lebih minimal. Sehingga bisa lebih efisien.

"Jadi sekarang hanya ada satu sumber baja. Karena baja awalnya KS hanya bisa 2 meter, sekarang melalui tiang mereka sudah bisa 6 meter. Jadi untuk kapal besar, tentu saja tidak terlalu banyak, ”pungkasnya.

Bangun dan Rawat Kapal, Pertamina Gandeng 3 BUMN

Sebelumnya, grup Pertamina telah menandatangani perjanjian kerja sama yang mungkin dengan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero). Perjanjian kerja sama ini menyangkut pembangunan dan pemeliharaan kapal.

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Pertamina, Nicke Widyawati, dengan CEO PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Wahyu Suparyono, PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) Bambang Soendjaswono dan CEO PT Industri Kapal Indonesia ( Persero) Edy Widarto Selasa (Jakarta), Selasa (Jakarta) 7/14/2020). SPBU Pertamina

Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, Presiden Cluster Industri Manufaktur dan juga Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Fajar Harry Sampurno, serta Direktur BUMN lainnya, hadir dalam 'bisnis.

Popular Posts